Kamis, 12 Desember 2013




LINGUISTIK
Linguistik Sebagai Ilmu
Linguistik adalah ilmu yang mengambil bahasa sebagai objek kajiannya. Atau lebih tepat dikatakan sebagai telaah ilmiah mengenai bahasa manusia.
A.    KEILMIAHAN LINGUISTIK
Sebelum membicarakan keilmiahan linguistik ada baiknya dibicarakan dulu tahap-tahap perkembangan yang pernah terjadi dalam setiap disiplin ilmu, agar kita bisa memahami bagaimana sifat-sifat atau ciri-ciri keilmiahan dari suatu kegiatan yang disebut ilmiah, khususnya di sini dalam disiplin linguistik. Pada dasarnya setiap ilmu, termasuk juga ilmu linguistik, telah mengami tiga tahp perkembangan sebagai berikut.
Tahap pertama, yakni tahap spekulasi. Dalam tahap ini pembicaraan mengenai sesuatu dan cara mengambil kesimpulan dilakukan dengan spekulasi. Artinya, kesimpulan dibuat tanpa didukung oleh-oleh bukti empiris dan dilaksanakan tanpa menggunakan prosedur-prosedur tertentu.
Tahap kedua adalh observasi dan klarifikasi. pada tahap ini para ahli dibidang bahasa baru mengumpulkan dan menggolongkan segala fakta bahasa dengan teliti tanpa memberi teori.
Tahap ketiga, adalah perumusan teori. Pada tahap ini setiap disiplin ilmu berusaha memahami masalah-masalah dasar dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan mengenai masalah-masalah itu berdasarkan  data empiris yang dikumpulkan. Kemudia dalam disiplin itu di rumuskan dengan hipotesis terhadap fakta-fakta.
B.     SUBDISIPLIN LINGUISTIK
setiap disiplin ilmu dibagi atas bidang-bidang bawahan atau cabang-cabang yang berkenaan dengan adanya hubungan disiplin itu dengan masalah-masalah lain. Berdasarkan objek kajiannya dapat dibedakan adanya linguistik umum dan linguistik khusus.
            Linguistik umum adalah linguistik yang berusaha menngkaji kaidah-kaidah bahasa secara umum. Pernyataan-pernyataan teoritis yang dihasilkan akan menyangkut bahasa pada umumnya, bukan bahasa tertentu. Sedangkan linguistik khusus berusaha mengkaji kaidah-kaidah bahasa yang berlaku pada bahasa tertentu.
            Kajian umum dan khusus ini dapat dilakukan terhadap keseluruhan sistem bahasa atau juga hanya pada satu tataran dari sistem bahasa itu.
            Sosiolinguistik adalah Subdisiplin linguistik yang mempelajari bahasa dalam hubungan pemakaiannya di masyarakat.
C.     ANALISIS LINGUISTIK
Analisis linguistik dilakukan terhadap bahasa, atau lebih tepat terhadap semua tataran tingkat bahasa, yaitu fonetik, fonemik, morfologi, sintaksis, dan semantik.
Hubungan-hubungan yang terjadi diantara satuan-satuan bahasa itu, baik antara fonem yang satu dengan yang lain, maupun antara kata yang satu dengan yang lain, disebut bersifat sintagmatis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar